27.1.11

Agama

Ah, ingin rasanya bercerita dengan pengalaman agama saya. Pengalaman agama, bukan beragama. Tulisan kali ini tidak ada sangkut pautnya dengan malaikat-malaikat di surga. Setelah ditelusuri, ternyata sangatlah bodoh, misterius, dan lugu. Bahahahaha!

Ngikut orang tua


Oke, saya mulai dari awal. Buat mereka yang sudah baca tulisan saya sebelum-sebelumnya pasti sudah tau kronologisnya. Saya sendiri beragama Buddha ketika waktu kecil. Tetapi boro-boro, diajak ke Vihara aja gak pernah, sembahyang juga cuman ngikut.

Yang saya ngerti, dulu pas di Vihara saya paling doyan ngebakarin kertas ke kuali-kuali. Katanya itu duit buat di alam sana. Ada yang bentuk baju juga loh! Setelah dipikir-pikir, dibakar ya dibakar aja. Jadi abu terus dibuang. Setelah dipikir-pikir, kalau saya buka usaha gitu tajir juga kali ye, bikin perahu-perahuan kertas terus dibakar. Satu perahu harganya sepuluh ribu. Jasa saya sungguh hebat, membuat orang di dunia sana kaya.

Pengalaman murtad


Saya sendiri enggak tahu apa itu kitab suci dari agama Buddha. Kalau gak salah, namanya Tripitaka. Itupun saya tahu dari pelajaran PLKJ kelas empat atau lima SD. Katanya sih ada dua lagi. Tapi saya sendiri gak yakin dan lupa-lupa inget.

Salah KTP


Kejadian ini yang paling bikin saya syok berat. Syok apa shock ya? Ah sebodo teuing!

Umur tujuh belas adalah umur yang paling ditunggu para remaja cewek maupun cowok. Entah karena si remaja cewek bakalan pesta sweet seventeen atau memang merupakan tanda kedewasaan, atau karena si cowok sudah boleh nonton film untuk tujuh belas tahun keatas, yang sebenarnya belum umur tujuh belas tahun pun sudah ditonton.

Tapi bagi saya, momen umur tujuh belas ini menjadi momen bersejarah. Setidaknya setelah saya sadar KTP saya salah cetak. KTP saya ditulis agama Islam, saudara-saudara. Pengen nangis rasanya. Apalagi saya sadarnya setelah hampir satu tahun kemudian. Alamak! Sejarah keluarga aja gak ada yang jadi Islam. Kenapa bisa tiba-tiba muncul si Islam di KTP saya ini?! Kalau tidak segera di ubah, bisa-bisa semester 3 nanti saya masuk pelajaran agama Islam dan belajar Al-Qur'an. Gawat. Tapi saya isi di kampus agama saya Buddha. Sama-sama gawat. Saya gak pernah tahu seluk beluk dua agama tersebut.

Karpet


Pernah satu hari saya bertanya ke temen saya yang Islam.

"Eh kalo salat (baca: solat) itu pake karpet ya?"
"Lu gila, itu namanya *sensorkarenalupa*

Mampus de gue kalau beneran masuk pelajaran agama Islam.

Baptis


Saya lahir baru! Setidaknya itu kegembiraan yang saya bisa ungkapkan. Baik secara rohani, maupun jasmani alias KTP. Aduh bok rasanya deg-degan deh! Udah dibaptis, rasanya pengen cepet-cepet ganti KTP. Rencananya sih sudah lama. Tapi nyatanya sampai sekarang masih males ngurus. Enakkan ngulet di ranjang sambil nyalain AC dingin-dingin. Yang penting ubah agama dulu ah di kampus, biar gak salah masuk kelas nanti! Amin.

3 komentar:

hanciong mengatakan...

itu namanya sajadah (gw Islam!! akakakakakaka)

Darwin - Aming mengatakan...

haa? maksud enteee? :S

IchaIchaIcha mengatakan...

karpet itu namanya sajadah. gw bukan Islam sih, tau aja :p