13.6.11

Mahasiswa Komunikasi

Kalau ditanya saya kuliah apa, saya dengan bangga bakalan jawab "kuliah komunikasi pak/bu. Jurusan Advertising!"

Tapi berhubung saya masih semester dua, yaa belom bisa bilang deh tugas advertising itu ngapain aja, selain menjawab bikin iklan. Kalau ditanya sekarang tugasnya apa, ya... nanti dulu deh saya kasih tahunya!

Beda sama mahasiswa jurusan lainnya. Kalau saya tanya sama anak SI, pasti dia jawabnya bikin diagram atau coding. Kalau anak desain, paling gak jauh dari bikin gambar, atau karya seni yang sangkut paut dengan menggambar. Akuntansi? Ya ngitung duit.

Kalau saya ditanya tugasnya bikin apa, erm... agak malu-malu bangga sih jawabnya. Salah satu tugas saya yang mendatang adalah nontonin kasus Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari. Bahasa singkatnya: Peterporn, Journey to Sexland.


Journey to Sexland


Beneran? Iya beneran tugas saya di kampus kayak gitu. Tapi jangan salah, nonton kasus Peterporn bukanlah suatu hal yang mudah kalau namanya dijadiin tugas. Dimana setiap urai mata Cut Tari dikaitkan dengan yang namanya scapegoating. Dimana setiap perkataan Luna Maya dikaitkan dengan yang namanya mortification. Bahkan saya harus meneliti yang namanya pentad, yang bentuk garisnya nyaris mirip sama aliran sesat.

Kalau dibilang susah? Ya lumayan lah, tergantung tugasnya ngapain juga. Tapi saya harus mengakui kalau saya menikmati banget sama tugas-tugas yang kayak gini. Penelitian tapi gak mutlak yang hasilnya pasti kayak matematika maupun kedokteran. Bahkan ketika kalian minum Starbucks dan teman kalian menghasut kalian untuk tidak minum pun bisa dijadikan teori. Itulah salah satu seni Ilmu Komunikasi.

Jadi, enak gak jadi mahasiswa komunikasi? Ya, saya harus akui enak. Tapi bukan berarti kalian harus enak-enakkan :P

Tidak ada komentar: