20.11.14

Susahnya Jadi Anak Kos

Menjadi anak kos itu bukanlah hal yang mudah. Itulah satu tantangan yang baru-baru ini gue rasakan. Jadi anak kos susah banget, apalagi kalo sebelumnya gak pernah ada rencana ngekos.

"Lah terus kok seorang Aming bisa mendadak mau ngekos? Dapet kerjaan baru yak?"

Di satu sisi, iya. Tapi alasan utamanya tidak lain karena gue diusir sama mama gue. Eits jangan salah kaprah dulu, gue bukan anak durhaka macam Malin Kundang yang pergi meninggalkan mama demi menjadi femes ala penyanyi-penyanyi dangdut. Melainkan gak ada ba bi bu, mama gue mau renovasi rumah. Gue dikasih waktu deadline seminggu untuk nyari kos. Uh lala, mama jangan jadi klien di ahensi yang kasih kerjaan mepet deh.

Alhasil gue menemukan kos yang cukup strategis, dengan harga agak sedikit lebih mahal. Ya mau gak mau, udah mepet gitu ceritanya. Gue pun harus menguras sebagian tabungan gue untuk memperpanjang masa hidup gue di Ibukota Jakarta. To live or to die cyin!

Masa-masa gue bertahan hidup dimulai dari pemotongan bujet untuk membeli keperluan sehari-hari. Untuk makan pun gue jadi mempertimbangkan untuk membeli makanan yang lebih murah, kurangin nong-can (nongkrong cantik), sampai pernah beli barang yang cuma lebih murah 2-3 ribu rupiah. Sempet juga mikir kalo duit gue abis, gue makan pake apa nanti? Gue pun makin memotivasi diri untuk menjadi hemat. Namun suatu hari iman gue diuji oleh Yang Maha Kuasa.

Gue lupa membawa sampo ketika pindahan. Alhasil selama ini gue memakai sabun yang mempunyai fungsi sebagai sampo. Bisa aja sih gue pake sabun ini, tapi lebih enak dijadiin sabun karena mint-mint seger gimana gitu di badan. Selangkangannya kayak ditaruh es batu, to be precise. Gue pun memberanikan diri ke supermarket deket kantor.

Di sana gak ada sampo yang biasa gue cari. Mau balik pake sampo yang branding-nya sampo keluarga, tapi nambah dikit dapet sampo yang lebih bagus. Setelah berdiam diri 30 menit (ya, gue bisa melakukan ini ketike mencari barang sepele), gue memutuskan untuk membeli Loreal karena lagi didiskon. Tiga ribu rupiah lebih murah dari harga asli, tiga ribu rupiah lebih mahal dari si sampo keluarga itu. Gue pun pulang dengan penuh rasa bangga di dada.

Tanpa basa basi, gue langsung bergegas ke rumah untuk melakukan prosesi sakral: keramas! Kapan lagi pake sampo yang bagusan dikit tapi kena diskon? Sesampai di kamar kos, langsung gue membuka baju dan basahin badan. Gue tuang sampo berwarna putih itu, dan digosokkan di kepala. Loh kok udah gosok lama gak ada busanya? Emang gini kali ya sampo Loreal.

Sambil membasahi wajah, gue pelan-pelan membuka mata dan membaca samponya lebih detail. BANGSAT, terdengengar gema kata tersebut yang hanya memantul di kamar mandi. Ternyata yang gue beli itu conditioner! Misi mulia gue gagal total!

2 komentar:

Nisa mengatakan...

MUAHAHAHAHAHA. INI SEMUA KARENA UANG TIGA REBU!

Hendry mengatakan...

Bwakakakakakakaakakakaka