27.9.13

Tips Mencari Tempat Magang

Sebagai mahasiswa semester tujuh yang masih belom dapat magang, gua menulis ini walau gua tahu kenyataan itu pahit. Dan untungnya gak cuma gua doang yang belum dapat magang. Masih ada puluhan mahasiswa lainnya yang masih berkutat dengan rumah-kampus-rumah-kampus. Salah satunya gua yang meluangkan waktu untuk kelarin skripsi dulu. Biar liburan pengangguran saya gak sia-sia amat. Yak untuk kalian yang mencari magang, berikut beberapa tips yang (mudah-mudahan) efektif:


  1. Hoki. Yak hoki itu bener-bener diperlukan untuk cari magang. Salah satu bukti nyata adalah temen gue, Lina. Baru dua hari yang lalu dia mengirim CV ala kadarnya yang masih di format MS Word, foto tidak formal, dan dikirim ke berbagai advertising agency membabi buta. Dan yang parahnya, dia kirim masih dalam satu email. Jadi di CC ke tempat-tempat lainnya. And voila! Lina kemarin dipanggil oleh XM Gravity untuk magang disana. Sementara gua? Dikirim satu-satu, diformatin PDF, application letter, portfolio, tapi tetep aja gak ada yang nerima.
  2. Koneksi. Semakin anda pintar "melacur" ke temen-temen atau bahkan senior anda, mungkin anda bisa dimasukkan secara cuma-cuma. Mungkin ya, gak janji loh ah!
  3. Posisi yang diinginkan. Gak semua posisi terbuka seperti bapak yang menyambut anaknya yang hilang. Bisa jadi posisi itu terbuka sempit seperti bapak yang gak ngijinin anaknya masuk rumah karena pulang kemalaman.
Sekali lagi, mudah-mudahan tips ini bermanfaat. Percaya ya silahkan, gak percaya ya gak apa. Selamat mencari magang, saudara-saudaraku yang senasib sepenanggunan!

1 komentar:

Luphowixz mengatakan...

Aming lo mau magang jadi posisi apa nih ?